tugas Scm B.A.B 7 Prediksi Permintaan Rantai Pasokan

CONCEPTS AND TECHNOLOGIES
Chapter 7
Menciptakan nilai bagi pelanggan
Definisi nilai
Nilai adalah persepsi pelanggan terhadap keseimbangan antara manfaat yang diterima dari suatu produk atau jasa dan pengorbanan yang dilakukan untuk merasakan manfaat tersebut.
Persamaan nilai
Nilai = Manfaat / Pengorbanan
Pengorbanan
-Uang
-Biaya pencarian
-Biaya psikis
Perceived risk
-Perceived risk adalah unsur biaya psikis.
-Perceived risk mengambil berbagai bentuk - performance, physical, financial, social dan psikologis.
Bagaimana pelanggan mengurangi risiko yang dirasakan?
·         Tunda pembelian
·         Carilah dukungan dari mulut ke mulut
·         Bernegosiasi kontrak servis
·         Carilah informasi tambahan dari salinan iklan
·         Beli merek terkenal
·         Berurusan dengan pemasok terkemuka
·         Carilah jaminan kinerja
·         Beli dengan kartu kredit (proteksi jika produk gagal)
·         Negosiasikan diskon
·         Keluarkan asuransi
·         Permintaan percobaan pra-beli
Total Biaya Kepemilikan (TCO)
·         TCO tidak hanya melihat biaya untuk memperoleh produk, tetapi juga biaya penuh untuk 
menggunakan, dan memperbaiki produk sepanjang hidupnya, dan akhirnya membuang produk.
·         Apa yang dianggap sebagai 'konsumsi' dapat dipecah menjadi sejumlah aktivitas atau tahapan, 
termasuk pencarian, pembelian, kepemilikan, penggunaan, konsumsi dan pembuangan.
·         TCO adalah upaya untuk menghasilkan perkiraan biaya seumur hidup yang bermakna di semua 
tahap ini.
 
Bagaimana perusahaan bersaing - 5C's
·         Konflik
·         Hancurkan persaingan, mis. BA v Laker Airways
·         Kompetisi
·         Lakukan lebih baik daripada pesaing dalam memenuhi persyaratan pelanggan, mis. Procter & 
        Gamble v Unilever
·         Hidup berdampingan
·         Izinkan perusahaan lain beroperasi di ceruk mereka sendiri, karena mereka tidak masuk ke pasar Anda mis. Cross® v Bic
·         Kerja sama
·         Pembentukan aliansi strategis, mis. IBM & Sun Microsystems
·         Kolusi
·         Bertentangan dengan pesaing untuk mengendalikan perilaku kompetitif, mis. O.P.E.C.
 
Definisi proposisi nilai
 
Proposisi nilai adalah janji eksplisit atau implisit yang dibuat oleh perusahaan kepada pelanggannya 
sehingga akan menghasilkan paket manfaat nilai tertentu.
 
Strategi pengiriman nilai
·         Keunggulan operasional
·         Kepemimpinan produk
·         Keintiman pelanggan
 
Tiga disiplin nilai
 

 
Sumber nilai pelanggan dalam bauran pemasaran
 
Bauran pemasaran yang baik
·         produk
·         harga
·         promosi
·         tempat

Bauran pemasaran layanan 
·         produk 
·         harga 
·         promosi 
·         tempat 
·         proses 
·         Peserta 
·         bukti fisik
 
Kustomisasi 
Memiliki implikasi biaya dan pendapatan. 
Dapat berarti hilangnya skala ekonomis sehingga meningkatkan biaya unit. 
Berarti perusahaan harus sadar dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan yang berbeda. 
Teknologi konfigurator membantu dalam menyesuaikan produk Telah menjadi norma di pasar B2B selama 
bertahun-tahun. Salah satu dari 7P dari bauran pemasaran dapat disesuaikan


Menyesuaikan 7P's 1 
Produk 
Solvay Interox, perusahaan bahan kimia, mengkustomisasi produk peroksida hidrogen untuk pelanggan 
industri tekstil 
Harga 
Dell Computer menawarkan harga yang lebih rendah untuk pelanggan hubungan yang lebih besar 
daripada pelanggan office-home office (SOHO) kecil 
Promosi 
Ford mengkomunikasikan komunikasi ke jaringan dealernya. 
Tempat 
Procter and Gamble memberikan langsung untuk menyimpan pelanggan ritel utamanya namun bukan 
independen yang lebih kecil.
Proses
Xerox mengkustomisasi jaminan layanan dan proses pemulihannya bagi pelanggan perorangan 
Orang-orang 
Hewlett Packard menciptakan kelompok proyek virtual khusus untuk klien konsultasinya
Bukti fisik
Thomson dan operator tur utama lainnya mencetak materi penjualan mereka dengan rincian biro perjalanan
 
Definisi kustomisasi massal
Kustomisasi massal adalah penggunaan proses fleksibel dan struktur organisasi untuk menciptakan 
proposisi nilai yang bervariasi dan bahkan disesuaikan secara individual, tanpa biaya atau penalti paruh 
waktu.
 
Type kustomisasi massal
 
Type of mass customisation 
How it works
Example
Match–to-order or locate-to-order
Selection of existing standard products or services to match customer requirements
Cars
Bundle-to-order
Bundling of existing products and services to suit customer requirements
Conferences
Assemble-to-order
Assembly of products or services from existing standardised components or processes
Computers
Make-to-order
Manufacture of customised products including components
Tailored suits
Engineer-to-order
Customer co-designs products or services which are then made-to-order
Aircraft
 
Pertanyaan kustomisasi massal untuk ahli strategi CRM
 
Apakah pelanggan menginginkan produk dan layanan yang disesuaikan?
Apa tingkat kustomisasi yang diinginkan?
Apakah pelanggan bersedia membayar premi untuk kustomisasi?
 
Customised webpage at Amazon.com










 


Nilai dari produk
·         Inovasi produk 
·         keuntungan tambahan Bundling 
·         layanan produk 
·         Branding Sinergi produk
 
Reposisi Lucozade sebagai minuman olahraga
 
 
Definisi merek
 
Merek adalah nama, desain, gaya, kata atau simbol yang membedakan produk dari pesaingnya
 
Dua perspektif utama tentang kualitas layanan 
 
Kesesuaian dengan spesifikasi. Hal ini sesuai dengan pandangan Philip Crosby tentang kualitas. 
Kesesuaian dengan spesifikasi bisa berarti memproduksi faktur bebas kesalahan, mengantarkan tepat 
waktu, lengkap seperti yang dijanjikan kepada pelanggan, atau mengakui keluhan pelanggan dalam 
waktu 24 jam. 
Kebugaran untuk tujuan. Joseph M. Juran mengemukakan pandangan bahwa kualitas berarti 
menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan oleh karena itu memenuhi 
harapan mereka. Ini adalah pelanggan, bukan perusahaan, yang menentukan apakah kualitas itu benar.
  
Model kualitas pelayanan Nordik
 
Technical
Kualitas hasil kinerja layanan
Functional
Kualitas kinerja sebuah layanan
Reputational
Kualitas citra organisasi layanan
 
 
SERVQUAL model kualitas layanan
 
Keandalan
Mampu melakukan pelayanan yang dijanjikan secara dependably dan akurat
Jaminan
Pengetahuan dan rasa hormat dari karyawan dan kemampuan mereka untuk menyampaikan kepercayaan dan kepercayaan diri
Tangibles
Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personel dan bahan komunikasi
Empati
Penyediaan kepedulian, perhatian individual terhadap pelanggan
Responsiveness
Kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pemahaman SAS terhadap harapan pelanggan
 
 
 
 
Definisi jaminan servis
 
Jaminan layanan adalah janji eksplisit kepada pelanggan bahwa tingkat layanan yang ditentukan akan 
dikirimkan
 
Contoh garansi layanan
 
Definisi kesepakatan tingkat layanan
 
Kesepakatan tingkat layanan adalah komitmen kontraktual antara penyedia layanan dan pelanggan yang 
menentukan tanggung jawab bersama kedua belah pihak sehubungan dengan layanan yang akan 
diberikan dan standar pelaksanaannya.
 
 
Berbagai metrik SLA
 
Tersedianya
Persentase waktu layanan tersedia
Pemakaian
Jumlah pengguna jasa yang bisa dilayani bersamaan.
Keandalan
Persentase waktu dimana layanan ditarik atau gagal dalam jangka waktu tersebut
Responsiveness
Kecepatan permintaan layanan dipenuhi.
Kepuasan pengguna
Hal ini dapat diukur pada saat layanan dikirimkan atau secara berkala sepanjang periode layanan yang 
disepakati.
 


SLA scorecard
 
 
 
Definisi pemulihan layanan
 
Pemulihan layanan mencakup semua tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk mengatasi kegagalan 
layanan.
 
 
Pemulihan layanan dan pencarian keadilan
 
Keadilan distributif
Apa yang ditawarkan perusahaan dengan cara pemulihan dan apakah output ini mengimbangi biaya 
yang dikeluarkan pelanggan dari kegagalan layanan
Hasil distributif meliputi kompensasi, kinerja ulang, permintaan maaf
Keadilan prosedural
Persepsi pelanggan terhadap proses yang dialami untuk mendapatkan pemulihan
Beberapa prosedur menawarkan pemulihan yang cepat, yang lain tertunda; Beberapa orang 
membutuhkan keluhan untuk dilegitimasi
Keadilan interaksional
Persepsi pelanggan terhadap kinerja orang-orang yang melakukan pemulihan layanan
Empati, sopan santun, sopan santun, usaha
 
Xerox memiliki 14 proses bisnis utama
1.      Keterlibatan pelanggan
2.      Manajemen persediaan dan logistik
3.      Desain dan rekayasa produk
4.      Perawatan produk
5.      Manajemen teknologi
6.      Manajemen produksi dan operasi
7.      Manajemen pasar
8.      Manajemen pemasok
9.      Manajemen informasi
10.  Manajemen bisnis
11.  Manajemen Sumber Daya Manusia
12.  Pengelolaan aset sewa guna usaha dan modal
13.  Hukum
14.  Manajemen keuangan
 
Proses penanganan keluhan 
·         Proses penanganan keluhan yang berhasil memungkinkan perusahaan menangkap keluhan 
pelanggan sebelum pelanggan mulai menyebarkan kata-kata negatif atau melakukan bisnis mereka 
di tempat lain. 
·         Penelitian menunjukkan bahwa kata-kata negatif bisa sangat berpengaruh. Sampai dua pertiga 
pelanggan yang tidak puas tidak mengeluh kepada organisasi. 
·         Bagaimanapun, mereka mengeluh ke jaringan sosial mereka. Pelanggan yang tidak bahagia 
cenderung mengatakan dua kali lebih banyak orang tentang pengalaman mereka daripada pelanggan 
dengan pengalaman positif.


Mengapa pelanggan tidak senang mengeluh?
·         Mereka merasa perusahaan tidak peduli. Mungkin perusahaan atau industri ini memiliki reputasi untuk memperlakukan pelanggan dengan buruk
·         Dibutuhkan terlalu banyak waktu dan usaha
·         Mereka takut akan retribusi. Banyak orang enggan mengeluh soal kepolisian, misalnya
·         Mereka tidak tahu bagaimana cara mengeluh.
 
Tip penanganan keluhan
Proses penanganan keluhan yang dirancang dengan baik akan menangkap keluhan dari berbagai titik 
sentuh, lalu mengumpulkan dan menganalisisnya untuk mengidentifikasi akar permasalahan.
Hal ini memungkinkan perusahaan mencapai tingkat keandalan pertama kali yang lebih tinggi, 
mengurangi jumlah pengerjaan ulang, dan tingkat kepuasan pelanggan dan retensi yang meningkat.
Standar internasional - ISO 10002 - telah diluncurkan untuk membantu perusahaan mengidentifikasi 
dan menerapkan praktik terbaik dalam kebijakan dan proses pengaduan.
Perangkat lunak tersedia untuk membantu perusahaan memperbaiki keahlian penanganan keluhan 
mereka
 
Meningkatkan proses pengaduan manajemen 1
Buat kebijakan dan proses penanganan keluhan Anda terlihat dan mudah diakses oleh pelanggan dan 
karyawan
Melatih karyawan bagaimana menanggapi keluhan
Mintalah secara spesifik. Bukan 'apa pendapatmu tentang pengalamanmu?'. Sebagai gantinya bertanya, 
'Apa satu hal yang bisa kita lakukan dengan lebih baik?'
Memberdayakan karyawan untuk menyelesaikan keluhan
Pasang saluran telepon khusus khusus
Kaitkan keluhan dengan misi Anda agar menjadi lebih terfokus pada pelanggan

Tunjuk seorang eksekutif layanan pelanggan untuk menangani keluhan tertulis Memungkinkan pelanggan untuk mengeluh di semua poin sentuh Pastikan semua karyawan memahami proses pengelolaan keluhan Reward pelanggan yang mengeluh Kumpulkan data keluhan dan analisa akar permasalahan Terapkan teknologi untuk mendukung penanganan pengaduan dan menghasilkan laporan manajemen yang bermanfaat
 
Nilai dari orang-orang di Nortel
 
 "Di Nortel kami percaya bahwa orang-orang kami adalah kekuatan kami. Pengetahuan, komitmen, dan 
bakat mereka mendorong kesuksesan kita. "
 
 Tren mendorong manajemen akun utama
 
Pelanggan global
Konsolidasi pembelian
Program pengurangan vendor
Pelanggan menginginkan layanan yang lebih baik dan hubungan yang lebih dekat dengan pemasok mereka.
 
Definisi bukti fisik
 
Bukti fisik terdiri dari fasilitas, perlengkapan dan material yang nyata yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai kepada pelanggan
 
Bentuk bukti fisik
 
Tempat perusahaan
Lingkungan internal dan eksternal
Bahan cetak
Situs web
Seragam perusahaan
Livery kendaraan
 
Definisi portal web
 
Portal web adalah situs web yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke berbagai sumber daya terkait subjek.
 
 
www.buzgate.org
 
 
 
Nilai dari komunikasi - 3 proses kunci
 
·         Disintermediasi
·         Personalisasi
·         Interaktivitas
 
Nilai disintermediasi dari internet
 
·         Direktori portal seperti Yahoo! dan Excite
·         Mesin pencari seperti Alta Vista dan Infoseek
·         Pusat perbelanjaan elektronik seperti www.eMall.sg dan www.emallroad.com
·         Reseller virtual seperti Amazon dan CDNow
 
Pilihan strategis untuk saluran elektronik
 
·         Tidak ada penjualan internet.
·         Penjualan internet oleh reseller saja
·         Penjualan internet oleh produsen saja
·         Penjualan internet oleh semua

Komentar

Postingan Populer