tugas Scm B.A.B 7 Prediksi Permintaan Rantai Pasokan
CONCEPTS AND TECHNOLOGIES
Chapter 7
Menciptakan
nilai bagi pelanggan
Definisi nilai
Nilai
adalah persepsi pelanggan terhadap keseimbangan antara manfaat yang diterima
dari suatu produk atau jasa dan pengorbanan yang dilakukan untuk merasakan
manfaat tersebut.
Persamaan nilai
Nilai
= Manfaat / Pengorbanan
Pengorbanan
-Uang
-Biaya
pencarian
-Biaya
psikis
Perceived risk
-Perceived
risk adalah unsur biaya psikis.
-Perceived
risk mengambil berbagai bentuk - performance, physical, financial, social dan
psikologis.
Bagaimana pelanggan
mengurangi risiko yang dirasakan?
·
Tunda pembelian
·
Carilah dukungan dari mulut ke mulut
·
Bernegosiasi kontrak servis
·
Carilah informasi tambahan dari salinan
iklan
·
Beli merek terkenal
·
Berurusan dengan pemasok terkemuka
·
Carilah jaminan kinerja
·
Beli dengan kartu kredit (proteksi jika
produk gagal)
·
Negosiasikan diskon
·
Keluarkan asuransi
·
Permintaan percobaan pra-beli
Total Biaya Kepemilikan (TCO)
· TCO tidak hanya melihat biaya untuk memperoleh produk, tetapi juga biaya penuh untuk
menggunakan, dan memperbaiki produk sepanjang hidupnya, dan akhirnya membuang produk.
· Apa yang dianggap sebagai 'konsumsi' dapat dipecah menjadi sejumlah aktivitas atau tahapan,
termasuk pencarian, pembelian, kepemilikan, penggunaan, konsumsi dan pembuangan.
· TCO adalah upaya untuk menghasilkan perkiraan biaya seumur hidup yang bermakna di semua
tahap ini.
Bagaimana perusahaan bersaing - 5C's
· Konflik
· Hancurkan persaingan, mis. BA v Laker Airways
· Kompetisi
· Lakukan lebih baik daripada pesaing dalam memenuhi persyaratan pelanggan, mis. Procter &
Gamble v Unilever
· Hidup berdampingan
· Izinkan perusahaan lain beroperasi di ceruk mereka sendiri, karena mereka tidak masuk ke pasar Anda mis. Cross® v Bic
· Kerja sama
· Pembentukan aliansi strategis, mis. IBM & Sun Microsystems
· Kolusi
· Bertentangan dengan pesaing untuk mengendalikan perilaku kompetitif, mis. O.P.E.C.
Definisi proposisi nilai
Proposisi nilai adalah janji eksplisit atau implisit yang dibuat oleh perusahaan kepada pelanggannya
sehingga akan menghasilkan paket manfaat nilai tertentu.
Strategi pengiriman nilai
· Keunggulan operasional
· Kepemimpinan produk
· Keintiman pelanggan
Tiga disiplin nilai
Sumber nilai pelanggan dalam bauran pemasaran
Bauran pemasaran yang baik
· produk
· harga
· promosi
· tempat
Bauran pemasaran layanan
· produk
· harga
· promosi
· tempat
· proses
· Peserta
· bukti fisik
Kustomisasi
Memiliki implikasi biaya dan pendapatan.
Dapat berarti hilangnya skala ekonomis sehingga meningkatkan biaya unit.
Berarti perusahaan harus sadar dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan yang berbeda.
Teknologi konfigurator membantu dalam menyesuaikan produk Telah menjadi norma di pasar B2B selama
bertahun-tahun. Salah satu dari 7P dari bauran pemasaran dapat disesuaikan
Menyesuaikan 7P's 1
Produk
Solvay Interox, perusahaan bahan kimia, mengkustomisasi produk peroksida hidrogen untuk pelanggan
industri tekstil
Harga
Dell Computer menawarkan harga yang lebih rendah untuk pelanggan hubungan yang lebih besar
daripada pelanggan office-home office (SOHO) kecil
Promosi
Ford mengkomunikasikan komunikasi ke jaringan dealernya.
Tempat
Procter and Gamble memberikan langsung untuk menyimpan pelanggan ritel utamanya namun bukan
independen yang lebih kecil.
Proses
Xerox mengkustomisasi jaminan layanan dan proses pemulihannya bagi pelanggan perorangan
Orang-orang
Hewlett Packard menciptakan kelompok proyek virtual khusus untuk klien konsultasinya
Bukti fisik
Thomson dan operator tur utama lainnya mencetak materi penjualan mereka dengan rincian biro perjalanan
Definisi kustomisasi massal
Kustomisasi massal adalah penggunaan proses fleksibel dan struktur organisasi untuk menciptakan
proposisi nilai yang bervariasi dan bahkan disesuaikan secara individual, tanpa biaya atau penalti paruh
waktu.
Type kustomisasi massal
Type of mass customisation
|
How it works
|
Example
|
Match–to-order or locate-to-order
|
Selection of existing standard products or services to match customer requirements
|
Cars
|
Bundle-to-order
|
Bundling of existing products and services to suit customer requirements
|
Conferences
|
Assemble-to-order
|
Assembly of products or services from existing standardised components or processes
|
Computers
|
Make-to-order
|
Manufacture of customised products including components
|
Tailored suits
|
Engineer-to-order
|
Customer co-designs products or services which are then made-to-order
|
Aircraft
|
Pertanyaan kustomisasi massal untuk ahli strategi CRM
Apakah pelanggan menginginkan produk dan layanan yang disesuaikan?
Apa tingkat kustomisasi yang diinginkan?
Apakah pelanggan bersedia membayar premi untuk kustomisasi?
Customised webpage at Amazon.com
Nilai dari produk
· Inovasi produk
· keuntungan tambahan Bundling
· layanan produk
· Branding Sinergi produk
Reposisi Lucozade sebagai minuman olahraga
Definisi merek
Merek adalah nama, desain, gaya, kata atau simbol yang membedakan produk dari pesaingnya
Dua perspektif utama tentang kualitas layanan
Kesesuaian dengan spesifikasi. Hal ini sesuai dengan pandangan Philip Crosby tentang kualitas.
Kesesuaian dengan spesifikasi bisa berarti memproduksi faktur bebas kesalahan, mengantarkan tepat
waktu, lengkap seperti yang dijanjikan kepada pelanggan, atau mengakui keluhan pelanggan dalam
waktu 24 jam.
Kebugaran untuk tujuan. Joseph M. Juran mengemukakan pandangan bahwa kualitas berarti
menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan oleh karena itu memenuhi
harapan mereka. Ini adalah pelanggan, bukan perusahaan, yang menentukan apakah kualitas itu benar.
Model kualitas pelayanan Nordik
Technical
|
Kualitas hasil kinerja layanan
|
Functional
|
Kualitas kinerja sebuah layanan
|
Reputational
|
Kualitas citra organisasi layanan
|
SERVQUAL model kualitas layanan
Keandalan
|
Mampu melakukan pelayanan yang dijanjikan secara dependably dan akurat
|
Jaminan
|
Pengetahuan dan rasa hormat dari karyawan dan kemampuan mereka untuk menyampaikan kepercayaan dan kepercayaan diri
|
Tangibles
|
Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personel dan bahan komunikasi
|
Empati
|
Penyediaan kepedulian, perhatian individual terhadap pelanggan
|
Responsiveness
|
Kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat
|
Pemahaman SAS terhadap harapan pelanggan
Definisi jaminan servis
Jaminan layanan adalah janji eksplisit kepada pelanggan bahwa tingkat layanan yang ditentukan akan
dikirimkan
Contoh garansi layanan
Definisi kesepakatan tingkat layanan
Kesepakatan tingkat layanan adalah komitmen kontraktual antara penyedia layanan dan pelanggan yang
menentukan tanggung jawab bersama kedua belah pihak sehubungan dengan layanan yang akan
diberikan dan standar pelaksanaannya.
Berbagai metrik SLA
Tersedianya
Persentase waktu layanan tersedia
Pemakaian
Jumlah pengguna jasa yang bisa dilayani bersamaan.
Keandalan
Persentase waktu dimana layanan ditarik atau gagal dalam jangka waktu tersebut
Responsiveness
Kecepatan permintaan layanan dipenuhi.
Kepuasan pengguna
Hal ini dapat diukur pada saat layanan dikirimkan atau secara berkala sepanjang periode layanan yang
disepakati.
SLA scorecard
Definisi pemulihan layanan
Pemulihan layanan mencakup semua tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk mengatasi kegagalan
layanan.
Pemulihan layanan dan pencarian keadilan
Keadilan distributif
Apa yang ditawarkan perusahaan dengan cara pemulihan dan apakah output ini mengimbangi biaya
yang dikeluarkan pelanggan dari kegagalan layanan
Hasil distributif meliputi kompensasi, kinerja ulang, permintaan maaf
Keadilan prosedural
Persepsi pelanggan terhadap proses yang dialami untuk mendapatkan pemulihan
Beberapa prosedur menawarkan pemulihan yang cepat, yang lain tertunda; Beberapa orang
membutuhkan keluhan untuk dilegitimasi
Keadilan interaksional
Persepsi pelanggan terhadap kinerja orang-orang yang melakukan pemulihan layanan
Empati, sopan santun, sopan santun, usaha
Xerox memiliki 14 proses bisnis utama
1. Keterlibatan pelanggan
2. Manajemen persediaan dan logistik
3. Desain dan rekayasa produk
4. Perawatan produk
5. Manajemen teknologi
6. Manajemen produksi dan operasi
7. Manajemen pasar
8. Manajemen pemasok
9. Manajemen informasi
10. Manajemen bisnis
11. Manajemen Sumber Daya Manusia
12. Pengelolaan aset sewa guna usaha dan modal
13. Hukum
14. Manajemen keuangan
Proses penanganan keluhan
· Proses penanganan keluhan yang berhasil memungkinkan perusahaan menangkap keluhan
pelanggan sebelum pelanggan mulai menyebarkan kata-kata negatif atau melakukan bisnis mereka
di tempat lain.
· Penelitian menunjukkan bahwa kata-kata negatif bisa sangat berpengaruh. Sampai dua pertiga
pelanggan yang tidak puas tidak mengeluh kepada organisasi.
· Bagaimanapun, mereka mengeluh ke jaringan sosial mereka. Pelanggan yang tidak bahagia
cenderung mengatakan dua kali lebih banyak orang tentang pengalaman mereka daripada pelanggan
dengan pengalaman positif.
Mengapa pelanggan tidak senang mengeluh?
· Mereka merasa perusahaan tidak peduli. Mungkin perusahaan atau industri ini memiliki reputasi untuk memperlakukan pelanggan dengan buruk
· Dibutuhkan terlalu banyak waktu dan usaha
· Mereka takut akan retribusi. Banyak orang enggan mengeluh soal kepolisian, misalnya
· Mereka tidak tahu bagaimana cara mengeluh.
Tip penanganan keluhan
Proses penanganan keluhan yang dirancang dengan baik akan menangkap keluhan dari berbagai titik
sentuh, lalu mengumpulkan dan menganalisisnya untuk mengidentifikasi akar permasalahan.
Hal ini memungkinkan perusahaan mencapai tingkat keandalan pertama kali yang lebih tinggi,
mengurangi jumlah pengerjaan ulang, dan tingkat kepuasan pelanggan dan retensi yang meningkat.
Standar internasional - ISO 10002 - telah diluncurkan untuk membantu perusahaan mengidentifikasi
dan menerapkan praktik terbaik dalam kebijakan dan proses pengaduan.
Perangkat lunak tersedia untuk membantu perusahaan memperbaiki keahlian penanganan keluhan
mereka
Meningkatkan proses pengaduan manajemen 1
Buat kebijakan dan proses penanganan keluhan Anda terlihat dan mudah diakses oleh pelanggan dan
karyawan
Melatih karyawan bagaimana menanggapi keluhan
Mintalah secara spesifik. Bukan 'apa pendapatmu tentang pengalamanmu?'. Sebagai gantinya bertanya,
'Apa satu hal yang bisa kita lakukan dengan lebih baik?'
Memberdayakan karyawan untuk menyelesaikan keluhan
Pasang saluran telepon khusus khusus
Kaitkan keluhan dengan misi Anda agar menjadi lebih terfokus pada pelanggan Tunjuk seorang eksekutif layanan pelanggan untuk menangani keluhan tertulis Memungkinkan pelanggan untuk mengeluh di semua poin sentuh Pastikan semua karyawan memahami proses pengelolaan keluhan Reward pelanggan yang mengeluh Kumpulkan data keluhan dan analisa akar permasalahan Terapkan teknologi untuk mendukung penanganan pengaduan dan menghasilkan laporan manajemen yang bermanfaat
Nilai dari orang-orang di Nortel
"Di Nortel kami percaya bahwa orang-orang kami adalah kekuatan kami. Pengetahuan, komitmen, dan
bakat mereka mendorong kesuksesan kita. "
Tren mendorong manajemen akun utama
Pelanggan global
Konsolidasi pembelian
Program pengurangan vendor
Pelanggan menginginkan layanan yang lebih baik dan hubungan yang lebih dekat dengan pemasok mereka.
Definisi bukti fisik
Bukti fisik terdiri dari fasilitas, perlengkapan dan material yang nyata yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai kepada pelanggan
Bentuk bukti fisik
Tempat perusahaan
Lingkungan internal dan eksternal
Bahan cetak
Situs web
Seragam perusahaan
Livery kendaraan
Definisi portal web
Portal web adalah situs web yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke berbagai sumber daya terkait subjek.
www.buzgate.org
Nilai dari komunikasi - 3 proses kunci
· Disintermediasi
· Personalisasi
· Interaktivitas
Nilai disintermediasi dari internet
· Direktori portal seperti Yahoo! dan Excite
· Mesin pencari seperti Alta Vista dan Infoseek
· Pusat perbelanjaan elektronik seperti www.eMall.sg dan www.emallroad.com
· Reseller virtual seperti Amazon dan CDNow
Pilihan strategis untuk saluran elektronik
· Tidak ada penjualan internet.
· Penjualan internet oleh reseller saja
· Penjualan internet oleh produsen saja
· Penjualan internet oleh semua
Komentar
Posting Komentar